Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya -- Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin, Peluang Karir Lulusan Teknik Mesin, Lapangan Pekerjaan untuk Lulusan S1 & D3 Teknik Mesin, Mengenal Jurusan Teknik Mesin Lebih Dekat, Jurusan dengan Gaji Tertinggi, Peluang Kerja Teknik Mesin S1 & D3, Gaji Lulusan Teknik Mesin Di Indonesia, Gaji Teknik Mesin Di Pertamina, Tips Kuliah Teknik Mesin, Materi Dasar Teknik Mesin, Gaji Teknik Mesin Mobil, Kuliah Jurusan Teknik Mesin.

https://www.prospekkerja.web.id/

Dalam dunia pendidikan formal khususnya untuk jenjang perkuliahan, ada banyak sekali jurusan yang dianggap umum dan khusus. Salah satunya adalah teknik mesin, jurusan yang jadi idaman anak laki-laki ini merupakan jurusan pendidikan memiliki peluang karir cukup besar.

Nah, bagi Anda yang memang bernita masuk teknik mesin atau yang sedang mencari informasi tentang prospek kerja teknik mesin dan gajinya, artikel ini akan sangat bermanfaat untuk Anda!

A. Mengenal Dunia Pendidikan Teknik Mesin

Sebelum mengetahui seberapa besar prospek kerja teknik mesin dan gajinya akan lebih baik kita mengetahui dulu bagaimana sih gambaran bidang pendidikan ini. Dengan begitu, Anda yang hendak berkuliah bisa semakin terbuka wawasannya, apakah cocok dengan bidang ini atau tidak.

Penjelasan singkatnya, teknik mesin adalah bidang ilmu yang mempelajari dasar fisika untuk melakukan analisis, manufaktur, desain, serta memelihara sistem mekanik yang ada. Sementara untuk perkembangannya, ilmu ini mulai berkembang pada abad ke-19 tepatnya setelah terjadi revolusi industri di Eropa. Hingga pada abad ke-19 seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika maka kombinasi 2 ilmu ini makin disempurnakan.

Selain itu, bidang keilmuan teknik mesin juga terbagi menjadi beberapa cabang, seperti; mekanik, teknik material, kinematika, energi dan termodinamika. Umumnya ilmu ini terdiri dari sistem perancangan mekanik, sistem produksi, konversi energi, metalurgi, sistem produksi, dan proses manufaktur.

Selama masa perkuliahan, Anda pun akan dibekali ilmu dan kemampuan dalam proses perancangan mesin. Keilmuan yang akan selalu diasah hingga Anda bisa menghasilkan suatu mesin yang efektif dan efisien oleh tangan dan kemampuan Anda sendiri. Anda juga akan belajar bagaimana proses menggambar teknik, simulasi, modeling sampai dengan membuat sebuah prototipe mesin. 

Ilmu-ilmu yang memang sangat dibutuhkan saat Anda hendak menempuh jenjang karir dengan jurusan yang sama. Untuk proses penyelesaian pendidikannya, rata-rata mahasiswa membutuhkan 4 tahun, Sedangkan untuk jenjang Diploma sekitar 3 tahun.

Lantas, apa saja sih mata kuliah yang akan dipelajari?

Khususnya untuk Anda calon mahasiswa yang memang berminat dengan teknik mesin, Anda harus tahu bahwa kedepannya Anda akan sangat dituntut untuk bisa merancang, memproses hingga mengkonversi energi termasuk juga di dalamnya operasional, manufaktur hingga manajerial industri. Anda pun harus bisa meningkatkan wawasan apalagi dalam ilmu teknologi mesin.

Saat Anda menjalani pendidikan perkuliahan teknik mesin, Anda akan mempelajari beberapa hal baru yang bisa dipastikan belum pernah Anda temukan saat berada di bangku Sekolah Menengah Atas. 

Nah, agar tidak semakin memberatkan Anda saat masuk ke dalam jurusan teknik mesin sebaiknya Anda juga harus memperhatikan apa saja sih faktor yang wajib Anda pertimbangkan saat akan memiliki teknik mesin. Sebab, kendati memang benar program ini memiliki peluang karir yang cerah dengan besaran gaji yang besar namun Anda juga harus sangat mempertimbangkan beberapa faktornya.

Faktor yang Perlu di Pertimbangkan Saat Memilih Jurusan Teknik Mesin

1. Anda harus memiliki passion

Ya, passion adalah hal dasar yang harus Anda miliki. Passion merupakan hasrat atau gairah atau keinginan pada suatu hal yang sangat jarang membuat Anda merasa bosan, bahkan bila dilakukan berkali-kali. Bila Anda memang sudah memiliki passion yang kuat dalam bidang ini maka dengan mudah Anda akan mulai mencari tahu mengenai selak beluk permesinan tanpa ada rasa terpaksa.

Kamu juga tak akan merasa bosan atau tertekan saat hendak menghadapi materi yang terbilang cukup sulit, malah sebaliknya, Anda akan sangat merasa tertantang.

2. Memiliki motivasi yang kuat

Tidak hanya memiliki keinginan atau passion yang sangat kuat saja, Anda juga harus memiliki motivasi dari dalam diri atau dari lingkungan dan teman terdekat. Misal, bila Anda ingin membuat sebuah mobil yang ramah lingkungan, menjadi seorang mekanik tersohor seperti Alex Briggs, Anda harus punya dorongan yang sangat kuat atau motivasi yang akan membantu passion semakin berkembang.

Sehingga dengan adanya motivasi yang sudah tertanam dalam diri, Anda akan merasa lebih nyaman saat hendak menjalani aktivitas sebagai seorang mahasiswa, Anda pun akan sangat dijamin tidak akan mengalami kesulitan.

3. Memiliki potensi

Selanjutnya adalah potensi, Anda harus menggali terus potensi yang ada dalam diri Anda sendiri. Ini merupakan salah satu cara yang akan sangat membantu saat akan menentukan jurusan kuliah yang paling tepat. Bila potensi mu memang mengarah pada dunia permesinan maka Anda bisa mempertimbangkannya.

4. Bagaimana kepribadian Anda?

Jangan menganggap sepele soal kepribadian. Karena kapasitas kepribadian orang tentu berbeda-beda. Nah, jangan sampai Anda tidak mengenali diri Anda sendiri kemudian malah terjebak dalam jurusan yang salah. Ada 6 tipe kelompok kepribadian yaitu penolong, pemikir, realistis, menguasai orang lain, memiliki jiwa seni dan terorganisir.

Nah, bila Anda adalah orang yang sangat terorganisir maka pendidikan teknik mesin ini akan sangat cocok sekali untuk Anda.

5. Melihat peluang di masa depan

Bila Anda hendak masuk ke dalam salah satu jurusan perkuliahan, Anda juga harus bisa melihat peluang Anda ada dalam jurusan tersebut. Karena sebenarnya semua jurusan pendidikan dalam jenjang perkuliahan bisa dipastikan memiliki peluang karir. Namun permasalahannya adalah apakah Anda bisa melihat peluang Anda sendiri atau tidak?

Teknik mesin sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak jurusan yang sudah terbukti memiliki peluang karir yang cukup besar. Jurusan ini sangatlah menjanjikan sebab cukup banyak juga perusahaan yang memang membutuhkan para ahli mesin yang sudah memiliki keilmuan yang mendasar dan mendalam.

B. Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

Nah, bila di atas Anda sudah diberikan wawasan mengenai dunia pendidikan teknik mesin, sekarang Anda akan mendapatkan wawasan lain mengenai dunia karir teknik mesin. Informasi ini sangat penting sekali, jadi pastikan kalau Anda membacanya hingga beres.

Beberapa perusahaan yang biasanya membuka lowongan pekerjaan untuk teknis mesin diantaranya:
  • PT Bahera Pesat Lintasbuana : menerima lulusan SMK hingga D3 Teknis Mesin Arus Kuat, penempatan kerja biasanya di luar negeri (Malaysia), dengan waktu kontrak 1 tahun. Kisaran gaji di atas 7 juta rupiah.
  • PT Metalindo Prima Engineering : biasanya membutuhkan teknisi HVAC yang sudah berpengalaman. Kisaran gaji di atas 5 juta rupiah.
  • PT Kota Minyak Internusa : biasanya membutuhkan seorang Plant Inspector di industri minyak dan gas. Kisaran gaji di atas 5 juta.
  • PT SLS Bearindo: Biasanya akan dibuka lowogan untuk product specialist yang memahami Gearbox dan Gear Motor. Kisaran gaji UMR dan bisa di atas 5 karena mendapatkan berbagai macam tunjangan.

Perusahaan-perusahaan di atas bisa menjadi peluang karir Anda di bidang teknik mesin. Sementara untuk macam-macam pekerjaan yang bisa coba Anda masuki juga, dintaranya:

1. Menjadi Seorang Guru / Dosen

Jenjang karir pertama yang bisa Anda masuki adalah menjadi seorang guru atau dosen. Khususnya bagi Anda yang memang sudah berniat ingin melanjutkan pendidikan selepas lulus S1, bisa dipastikan untuk prospek kerja ini sangat terbuka lebar. Untuk besaran gajinya akan tergantung di kampus mana Anda akan mengajar. Bila di kampus yang cukup bergengsi tentu besaran gaji akan di atas 7 juta rupiah.

2. Menjadi Perancang Mesin

Salah satu bidang keilmuan praktik yang akan Anda dapatkan dalam teknik mesin adalah desain dan konstruksi. Anda akan mengetahui bagaimana sih cara merancang sebuah mesin dari mulai menggambar model hingga proses pemilihan bahan serta proses untuk pembuatannya. 

Kalau memang Anda merasa nyaman saat merancang mesin tentu saja prospek karir ini akan sangat besar, bahkan gajinya pun bisa di atas 5 juta rupiah.

3. Menjadi Ahli Mesin di Industri Otomotif

Salah satu bidang yang memang sangat dekat dengan mesin adalah otomotif. Karena memang kebanyakan mindset orang pun saat ditanyakan soal teknik mesin maka akan langsung terkoneksi dengan dunia otomotif. Oleh sebab itulah banyak sekali perusahaan-perusahaan otomotif seperti ASTRA yang menawarkan peluang karir teknik mesin ini kepada para S1.

Untuk gaji, bila kamu masih junior maka gajinya belum begitu tinggi ada di kisaran 4 juta. Namun bila jam terbang sudah banyak maka gaji pun bisa semakin tinggi, seiring berjalannya waktu.

4. Menjadi Bagian dari Proses Produksi Industri

Selain konstruksi dan desain, salah satu bagian dari teknik mesin lainnya yaitu bidang produksi. Nah, dalam bidang ini Anda bisa belajar bagaimana sih proses produksi serta segala macam hal yang terkait dengan proses tersebut. Anda juga bisa belajar bagaimana cara otomisasi produksinya. Nah, ini bisa menjadi peluang karir yang cukup besar untuk Anda.

5. Menjadi Seorang Konsultan

Anda juga bisa membuka perusahaan sendiri dan menjadi seorang konsultan di bidang teknik. Karir yang secara mandiri Anda dirikan bisa makin berkembang dan mendapatkan profit yang menguntungkan. Misal, terjadi suatu kerusakan pada bagian mesin namun ternyata tak dapat ditangani oleh karyawan perusahaan yang ada, maka nantinya bisa dipastikan perusahaan akan meminta konsultan untuk datang dan mencari tahu masalah pada mesinnya.

6. Kerja di Pertambangan

Teknik mesin ke pertambangan? Apakah bisa? Tentu saja bisa. Karena dalam dunia pertambangan bisa dipastikan membutuhkan kerja mesin yang cukup tinggi. Dalam hal itu, perusahaan akan sangat membutuhkan para ahli mesin untuk terus menjaga kinerjanya agar tetap stabil tanpa gangguan. Gajinya juga sangat besar loh, bisa di atas 6 juta rupiah belum ditambah dengan tunjangan lainnya.

7. Kerja di Perminyakan

Selain pertambangan, Anda juga berpeluang masuk ke industri perminyakan. Tentu bukan menjadi ahli minyak, tapi Anda akan menjadi ahli teknik mesin sesuai dengan disiplin ilmunya. Karena sama halnya seperti tambang, industri minyak akan membutuhkan kerja mesin yang harus selalu maksimal oleh sebab itulah dibutuhkan seorang ahli yang kompeten dibidangnya.

8. Menjadi Seorang Pengusaha

Tidak melulu harus jadi karyawan dalam suatu perusahaan kok. Bila mau, Anda juga bisa menjadi seorang pengusaha yang bekerja di perusahaan miliki Anda sendiri. Tak sedikit juga alumni teknik yang memang berkarir menjadi seorang wirausaha dalam bidang yang sama. Coba yuk!

9. Maintenance Engineer

Prospek karir selanjutnya adalah menjadi seorang maintenance engineer. Dalam setiap industri yang menggunakan mesin sebagai salah satu aktivitas produksi terbesarnya maka akan sangat dibutuhkan seorang yang bisa melakukan pemeliharaan dengan tepat. Bila dalam bidang ilmu tekniknya maka akan dikenal dengan istilah pediktif, preventif serta jenis pemeliharaan lain.

10. Menjadi Seorang Developer

Anda yang jurusan teknik mesin juga sangat berpeluang untuk menempuh pendidikan di bidang pengembangan loh. Misal, Anda bisa menjadi pengembang mobil listrik, robot rumah tangga sampai dengan produk yang memang memiliki sisi futuristik lain dan sangat membutuhkan sentuhan tangan insinyur teknik mesin yang handal.

11. Masuk ke dalam Industri Proses

Ada beberapa industri proses yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang teknik mesin. Diantaranya adalah industri semen, minyak, tekstil, pupuk dan yang lainnya. Biasanya lulusan teknik mesin akan bertanggung jawab dalam proses perancangan hingga proses produksi mesin dalam perusahaan.

12. Masuk ke dalam Industri Transportasi

Prospek kerja selanjutnya untuk Anda yang lulusan teknik mesin adalah masuk ke industri transportasi. Dari mulai motor hingga pesat terbang bisa Anda masuki. Seorang lulusan teknik mesin sangat mampu membuat perancangan hingga memproduksi bodi, casis dan yang lainnya. Seorang teknik mesin juga akan memahami tentang bagaimana proses pembentukan dan juga deep drawing casting dan yang lainnya.

13. Berkarir di Instansi Pemerintahan

Apakah lulusan teknik mesin bisa bekerja di instansi pemerintahan dan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Jawabannya tentu saja bisa. Kesempatan untuk berkarir dalam instansi pemerintahan tidak hanya dimiliki oleh mereka yang lulusan manajemen. Ada beberapa instansi yang memang sangat membutuhkan ahli mesin, seperti BPPT dan IPTN. Peluang karir yang bagus dan stabil.

14. Menjadi Seorang Sales

Sales? Bukankah sales hanya bisa dilakukan oleh anak manajemen atau bisnis? Eits, jangan salah pemikiran dan pertanyaan seperti itu sangat keliru. Biarpun tidak begitu populer, namun tahukah Anda pemahaman yang melekat dalam benak alumni teknik sangatlah mumpuni apalagi bila digunakan untuk berjualan produk. Misal, menjadi sales mesin.

Selain 14 pekerjaan yang sudah disebutkan di atas prospek karir di bidang teknik mesin juga masih sangat terbuka lebar. Para alumninya bisa melakukan penetrasi ke berbagai macam sektor kerja secara umum. Seperti pertanian, finansial hingga perbankan. Tidak ada yang tidak mungkin.

Secara keseluhan bila ingin membicarakan mengenai gaji teknik mesin tentu akan sama tingginya seperti peluang karir yang terbuka lebar. Namun bila Anda baru freshgraduate dan belum memiliki pengalaman yang cukup banyak, Anda tentu tidak bisa dulu mengharapkan gaji yang sangat tinggi. Harus bertahap. 

Sebab mereka yang terjun ke dalam industri yang sama hingga memiliki keahlian yang diakui karena sudah terbukti dengan jam terbang yang ada.

Kembali lagi para karakter dasar seorang lulusan teknik mesin adalah harus bisa rasional dalam bermain logika. Tidak hanya saat masa perkuliahan, namun juga saat memasuki jenjang karir yang lebih proporsional.

Kuat dalam proses perhitungan pun bisa membuat Anda sangat teliti, itulah sebabnya mengapa biarpun Anda lulusan teknik mesin namun untuk masuk dunia perbankan pun Anda masih sangat bisa dipertimbangkan. Ketelitian yang terlatih selama masa perkuliahan menjadi peluang karir Anda semakin besar dan Anda pun memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

C. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Pertamina

Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di berbagai industri sebagai tenaga ahli dan perancang proses pemipaan, fabrikasi, inspektor teknik, pemeliharaan, manufaktur, konsultan dan pemerintahan. Selain itu, lulusan Teknik Mesin juga dapat berkiprah di bidang akademis seperti dosen dan peneliti.

https://universitaspertamina.ac.id/teknik-mesin/

2. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Institut Teknologi Bandung

Seorang Sarjana Teknik Mesin dapat berkiprah di:
  1. Bidang Pengoperasian dan Perawatan (Operation & Maintenance)
  2. Tak dapat dipungkiri bahwa semua peralatan memerlukan perawatan untuk menekan biaya operasi, meminimalkan waktu untuk memperbaiki kerusakan (down time), meningkatkan produktifitas, dan memaksimalkan keuntungan. Semua industri mulai dari minyak dan gas, manufaktur, kelistrikan, dan petrokimia memerlukan pekerja di bidang ini.
  3. Bidang Pembangkitan Energi
  4. Pembangkitan tenaga listrik lebih memerlukan lulusan Teknik Mesin dibanding teknik elektro. Untuk membangkitkan listrik, dibutuhkan mesin utama seperti turbin, pompa, kompresor, peralatan hidraulik, boiler, fan/blower, di samping peralatan kendali dan jaringan jala-jala listrik.
  5. Bidang Manufaktur.
  6. Di semua pabrik, mulai pabrik peralatan sehari-hari (obat, sandang, pangan), pabrik penghasil mesin, pabrik kendaraan baik roda dua (sepeda motor), roda empat (mobil), sampai truk dan alat berat, sarjana Teknik Mesin pasti dibutuhkan terutama untuk operasi dan perawatan.
  7. Bidang Minyak dan Gas
  8. Di bidang ini, peran yang disandang sarjana Teknik Mesin sudah semakin luas, mulai dari pengeboran (drilling) sampai pengoperasian (operation & maintenance). Hingga saat ini, bidang minyak dan gas masih merupakan bidang yang paling diminati lulusan karena memberi penghasilan yang paling tinggi.
  9. Bidang Otomotif
  10. Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu tempat bekerja yang populer untuk lulusan Teknik Mesin
  11. Bidang Jasa Kontruksi, Konsultasi, dan Desain
https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-mesin

Sedangkan Gaji Lulusan Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Institut Teknologi Bandung :

Alumni S1 Teknik Mesin ITB angkatan 2007 memiliki rentang gaji antara Rp. 6.500.000 hingga Rp. 28.000.000 / bulan dengan rata-rata Rp. 9.958.415 / bulan.

https://www.ftmd.itb.ac.id/karir-alumni/

3. Prospek Kerja Teknik Mesin  yang Dikutip dari Laman Web Institut Teknologi Sumatera

a. Industri pertambangan

Sarjana lulusan teknik mesin dibutuhkan di industri pertambangan baik pertambangan bahan galian padat maupun minyak dan gas (migas). Di industri migas, cukup banyak aspek yang bisa ditempati. misalnya desain pipeline, well intervention, rotating machinary, drilling,desainer untuk pressure vessel (bejana tekan). Contoh perusahaan yang berkecimpung di bidang pertambangan seperti PT. Pertamina, Chevron, Freeport, KPC, Total, Bukit asam dan masih banyak lagi

b. Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC)

Perusahaan yang bergelut di bidang ini juga memerlukan lulusan teknik mesin untuk memberikan masukan (saran) serta konsultasi dalam pemilihan barang-barang penting.

c. Di bidang pembangkit listrik

lulusan teknik mesin di bidang pembangkit listrik juga memegang peranan yang besar. Hal ini dikarenakan prinsip yang ada pada sistem pembangkit listrik baik itu bertenaga panas bumi, uap, biomassa, nuklir, ataupun lainnya adalah sama, yaitu ilmu termodinamika. Seorang lulusan tekbik mesin tentunya memiliki ilmu termodinamika. Problematika pada kompresor, turbin, pompa, sistem perpipaan, boiler, penukar panas, dan sebagainya menjadi tanggung jawab insinyur teknik mesin yang ada di pembangkit listrik.

d. Di industri proses

Insinyur mesin punya peranan yang sama pentingnya dengan teknik kimia. Dari industri metal, industri semen, industri tekstil, industri pupuk, dan lain sebagainya menjadi lahan kerjasama yang baik antara teknik mesin dan teknik kimia. ilmu seperti perpindahan panas, sistem pembangkitan uap, ilmu material, dan sebagainya bercampur jadi satu di bidang ini.

e. Di industri transportasi

Industri transportasi tentunya sangat membutuhkan lulusan teknik mesin di perusahaannya. Dari industri motor, mobil hingga pesawat terbang. Desain body, chassis, engine, sistem propulsi, dan mekanisme-mekanisme lain menjadi contoh  perkerjaan orang teknik mesin yang akan dilakukan disana. contoh perusahaannya adalah Yamaha, Astra, Honda dan berbagai contoh lainnya.

f. Kontraktor gedung bertingkat

Di bidang inipun lulusan teknik mesin masih dibutuhkan. Masalah sistem AC sentral (sistem pengondisian udara), plumbing dan sistem pemadam kebakaran menjadi tugas yang akan dihadapi disini.

g. Perusahaan-perusahaan jasa maintenance dan service 

Ranah ini juga bisa menjadi tempat lain yang dapat digeluti oleh orang-rang teknik mesin. Hampir semua urusan maintenance di industri adalah pekerjaanya lulusan teknik mesin.

h. Perusahaan pembuat Kitchen Set (alat dapur)

Anda pasti bingung apa hubungannya Teknik Mesin dengan dunia Dapur? Ternyata, sarjana lulusan teknik mesin juga dibutuhkan dalam pembuatan kitchen set. Dalam hal ini Kitchen Set yang dimaksud adalah alat-alat dapur yang biasa digunakan di warung-warung waralaba seperti Mc Donald, KFC, Pizza Hut, Subway, dan lain-lain.

Anda pasti pernah melihat alat-alat berwarna perak di dapur perusahaan waralaba tersebut. Misalnya deep frying, meal warmer, exhaust, burger oven, ice cream maker, dan masih banyak lagi. Dalam tahap pembuatan peralatan tersebut, pastinya tidak bisa sembarangan karena erat kaitannya dengan kualitas produk yang akan dijual. Dasar-dasar keilmuan pada teknik mesin misalnya perpindahan panas, mekanika fluida, kekuatan material, dan lain-lain menjadi pertimbangan utama dalam mendesain kitchen set ini.

i. Akademisi

Lulusan teknik mesin bisa juga menjadi tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan kesempatan untuk menjadi dosen teknik mesin minimal dengan menyelesaikan S2 masih sangat terbuka lebar karena jurusan teknik mesin masih sangat dibutuhkan.

j. Wirausaha

Seorang lulusan teknik mesin bisa juga membuka usaha sendiri baik yang berhubungan langsung dengan teknik mesin maupun tidak. Misalnya membuka industri mobil, membuka industri perhotelan, menjadi desainer mekanik, dan lain sebagainya.

k. Instansi Pemerintah & Peneliti

Kesempatan berkarir di instansi kepemerintahan merupakan salah satu peluang lulusan teknik mesin misalnya di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah contohnya IPTN, BPPT dan LIPI.

Bidang-bidang di atas hanyalah sebagian contoh dari prospek kerja teknik mesin. Masih banyak bidang lainnya yang bisa ditempati oleh lulusan teknik mesin.

https://me.itera.ac.id/index.php/2018/02/23/prospek-lulusan-teknik-mesin/

4. Gaji Lulusan Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Pasundan

Rata-rata gaji yang ditawarkan perusahaan pada lulusan baru Teknik Mesin berkisar antara 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. Jika kamu memiliki kemampuan yang luar biasa dan berpengalaman, gaji yang kamu dapatkan jauh lebih tinggi. Bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenal-jurusan-teknik-mesin-lebih-dekat/

5. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Prospek lulusannya pun juga memiliki peluang cerah di masa mendatang mengingat banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan seperti perusahaan otomotif, manufaktur, teknologi, pertambangan, dan berbagai pekerjaan yang berhubungan erat dengan mesin-mesin.

https://www.uta45jakarta.ac.id/jurusan-teknik-dengan-prospek-cerah/

6. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sebagai lulusan teknik mesin :
  • Industri Otomotif
  • Industri Kedirgantaraan
  • Industri Bioteknologi
  • Konversi Energi
  • Kontrol Lingkungan
  • Industri Manufaktur dan Otomasi
https://www.its.ac.id/tmi/id/calon-mahasiswa/prospek-karir/

7. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Sebelas Maret

Prospek Kerja : Dapat bekerja di berbagai bidang seperti perancangan mesin, industri otomotif, maintenance engineer, dan developer.

https://uns.ac.id/id/fakultas/teknik/s-1-teknik-mesin

8. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Institut Teknologi Kalimantan

Lulusan Teknik Mesin mampu bekerja di bidang energi diantaranya pembangkit listrik, designer mesin konversi energi, industri pertambangan, industri manufaktur, industri robotika, industri otomotif.

Selain itu juga dalam bidang perancangan sistem pemanas, pengkondisian udara, pendingin, mesin fluida serta bekerja dibidang disiplin rotating dan static.

https://itk.ac.id/akademik/teknik-mesin/

9. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Muhammadiyah Metro

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah di teknik mesin setelah lulus S1 nanti, prospek kerja teknik mesin yang paling memungkinkan adalah menjadi tenaga pengajar alias dosen.

Selain itu lulusan teknik mesin juga bisa bekerja sebagai perancang mesin, industri otomotif, bagian produksi industri, dan juga bisa bekerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan yang mana dibutuhkannya teknisi alat-alat besar. 

Dan juga prospek kerja teknik mesin lainnya adalah menjadi pengusaha. Tidak sedikit juga alumni teknik mesin yang memilih berkarir di sektor wirausaha seperti berjualan produk-produk engineering dan material lainnya.

https://ummetro.ac.id/prospek-kerja-2-prodi-di-fakultas-teknik-um-metro/

10. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Muhammadiyah Riau

Prospek Kerja Teknik Mesin :
  • Akademisi dan Research Engineer  
  • Supervisor Produksi dan Maintenance  
  • Design & Consultant Engineer  
  • Entrepreneur
http://umri.ac.id/?course=program-studi-pendidikan-teknik-mesin

11. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Nusa Putra University

Program Studi Teknik Mesin memiliki tiga konsentrasi yaitu Manufaktur, Otomotif dan Konversi Energi :
  1. Teknik Manufaktur: Desainer Manufaktur, Supervisor Produksi, Junior Enginer, Supervisor Perawatan Mesin dan lain sebagainnya.
  2. Teknik Otomotif : Service Advisor, Supervisor, Instructor, Sales Engineer, Surveyor, Estimator, Coordinator Part dan posisi lainnya.
  3. Teknik Konversi Energi : Energy Auditor, Surveyor Energy, Desain Pembangkit, Energy Engineer, Konsultan Energy dan posisi lainnya

Secara Umum dapat bekerja di : Perusahaan-perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik, Konsultansi, Konstruksi, Manufaktur Industri penambangan Industri Proses Bidang Utilitas Perhotelan Bidang Utilitas Rumah Sakit Bidang Utilitas Gedung dan Kawasan Industri dan lain-lain Pemerintahan, Militer, Industri, Bank dan  semua industri pengguna enregi

https://nusaputra.ac.id/program-studi/teknik-mesin/

12. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Tidar

Kualifikasi sarjana hasil dari lulusan Program Studi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai :
  1. Akademisi
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai akademisi seperti tenaga pendidik, tenaga kependidikan, maupun praktisi.
  2. Tenaga Profesional
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai supervisor, pengelola proyek  di industri teknik mesin. Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai tenaga profesional baik di  perusahaan BUMN / Perusahaan Swasta/ PMA.
  3. Desainer dan Perancang di Bidang Teknik Mesin
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai desainer maupun perancang dalam perusahaan manufaktur yang berhubungan dengan bidang teknik mesin.
  4. Peneliti Profesional
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai peneliti profesional baik di LIPI, Badan Metrologi, institusi PTN, PTS  maupun bekerjasama dengan lembaga peneliti-peneliti lainnya.
  5. Konsultan Engineering
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat juga sebagai konsultan engineering baik sebagai perencana, pengawas, maupun pelaksana proyek engineering.
  6. Wirausahawan
    • Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat juga sebagai wirausahawan muda baik sebagai bisnis bidang engineering, maupun bisnis lainnya.
http://ft.untidar.ac.id/sarjana/s1-teknik-mesin/

13. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Islam Indonesia

Lulusan Prodi Teknik Mesin dapat berprofesi sebagai Product Design Engineer, Manufacturing Engineer, Project Engineer, Research Engineer dan Technopreneur pada bidang kerja Industri Manufaktur, Otomotif, Proses, Pengolahan Pangan, Bangunan dan Konstruksi, Pertambangan, Jasa, Pembangkitan Tenaga, Institusi Pendidikan dan Penelitian serta instansi Pemerintah.

https://www.uii.ac.id/program-pendidikan/sarjana-teknik-teknik-mesin/

14. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas PGRI Semarang

Sarjana Teknik Mesin dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti: BUMN, perusahaan manufaktur, energi, jasa konsultasi & kontraktor, pertambangan & perminyakan, lembaga penelitian, perguruan tinggi (PTN dan PTS),  tenaga ahli maintenance engineering, teknologi manufaktur, dan sebagainya.

Menjadi technopreneur sebagai jasa konsultan dan kontraktor yang berkaitan dengan manajemen energi, analisa performance engine, perancangan & pengendalian proses dan sistem manufaktur, pelatihan teknologi manufaktur, CAD/CAM/CAE, CNC, Quality Control dan metrologi industri, dsb.

https://www.upgris.ac.id/teknik-mesin/

15. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Politeknik Sukabumi

Profil industri dan perusahaan dimana para alumni menempuh karir adalah sebagai berikut:
  • Industri Manufaktur
  • Otomotif
  • Tekstil
  • Perminyakan
  • Industri Pertokimia
  • Rancang Bangun
  • Penerbangan
  • Jasa
  • Elektronik
  • Kontraktor (Staf Engineering)
  • Staf Pengajar / Instruktur Perguruan Tinggi
http://polteksmi.ac.id/mesin/

16. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin :
  1. Technical Leader
    • Lulusan siap bekerja di industri dalam berbagai bidang seperti industri pengecoran, konstruksi, manufaktur dan otomotif. Lulusan mampu memanage atau mengatur dan mengkoordinasi Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan (equipment) di industri dan mesin-mesin otomotif, tata letak ruang industri dan semua mengarah ke fungsi Conceive, Development, Implement, dan Operating.               
  2. Teknisi / Operator
    • Lulusan mampu memahami dan mengoperasikan mesin atau alat industri di bidang manufaktur dan otomotif.
  3. Enterpreneur
    • Lulusan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengembangkan enterpreneurship dan membuat usaha di semua bidang terutama di bidang keteknikan. Beberapa bidang usaha yang terkait antara lain usaha kontraktor engineering, manajemen bengkel, pembuatan dan perakitan teknologi tepat guna, maupun jenis usaha lainnya. 

http://mesin.vokasi.umy.ac.id/prospek-lulusan/

17. Prospek Kerja Teknik Mesin yang Dikutip dari Laman Web Universitas Diponegoro

Profil Profesi dari Lulusan Teknik Mesin, yaitu:
  1. Engineer
    • Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu sains dasar, dasar-dasar ilmu teknik dan ilmu teknik mesin untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah bidang teknik mesin.
  2. Akademisi
    • Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mentransfer pengetahuan matematika, ilmu sains dasar, dasar-dasar ilmu teknik dan ilmu teknik mesin. Siap untuk melanjutkan studi ke tahap selanjutnya.
  3. Peneliti
    • Memiliki pemahaman tentang proses merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis serta menafsirkan data yang diperoleh.
  4. Wirausahawan
    • Memahami tentang kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi.
https://mesin.ft.undip.ac.id/program-studi-sarjana/

Itulah pembahasan mengenai Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya. Jadi bagaimana, sudah menentukan karir dalam bidang teknik mesin? Kalau belum, yuk pikirkan sekarang juga!